Jumat, 06 Februari 2009

MITSUBISHI GRANDIS

Fresh-up guna mempertahankan dominasi
Nilai sebuah kendaraan tidak melulu soal kapasitas mesin, besarnya torsi, atau performa. Soal kenyamanan–entah buat si pengemudi atau penumpang–juga hal yang tak kalah penting.
Penasaran juga begitu mendengar PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) memperkenalkan produk barunya tahun ini;
Mitsubishi Gandis 2008. MPV (Multi Purpose Vehicle) terlaris ini KTB ini selama empat tahun terakhir sudah terjual 2200 unit.


“Sebagai andalan KTB, kami yakin Mitsubishi Grandis 2008 yang makin mewah dan prestisius akan terus mendominasi Luxury MPV,” kata Fumio Kuwayama, Presiden Direktur KTB, saat launching di Plaza Senayan, Jakarta, awal bulan ini.

Dengan tagline baru, The Art of Luxury, Mitsubishi Grandis 2008 mengalami perubahan pada sisi interior. Dashboard kini menggunakan paduan dua warna black-baige serta jok berlapis kulit lembut berwarna baige. Kesan mewah dilengkapi dengan nuansa woden yang pada tuas persneling.

Panel instrument memberikan kemudahan dalam pengoperasian seluruh fasilitas pendukung seperti control AC dan audio. Tambahan lain adalah parking brake “manual” yang sebelumnya berada disamping kursi pengemudi, kini menjadi foot type sehingga ruang lebih luas di center table di bagian depan.
Penggunaan HID (High Intensity Discharge) untuk lampu utama yang menghasilkan sinar yang lebih terang dan glass antenne yang lebih praktis dan stylish di kaca belakang sebelah kiri. LED stoplamp di buritan tetap dipertahankan yang menjadi ciri khas Grandis dibandingkan pesaingnya.

“Generasi kedua Grandis kami perkenalkan untuk memperkuat produk kami di kelas MPV. MPV Grandis hadir dengan segala keunggulan baik dalam segi harga, desain serta teknologi,” kata Rizwan Alamsyah, Direktur Marketing KTB.

Di dapur mesin tak ada perubahan. Grandis baru ini tetap mengunakan mesin 2.4 liter SOHC 16-valve 4-silinder segaris MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing and lift Electronic Control).

Mesin ini mengeluarkan tenaga 165 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 22.1 kgm pada 4.000 rpm. Dan ditunjang transmisi empat percepatan otomatis INVEC-II (Intelligent & Inovative Vehicle Electronic Control).

Yang jadi andalan KTB adalah soal harga. Mitsubishi Grandis 2008 dibaderol Rp 280 juta (on-the-road Jakarta). Memang jika dibandingkan rival-rivalnya di kelas premium MPV, Grandis adalah yang paling murah. Itulah yang kemudian membuat KTB berani mematok target di angka 100 unit per bulan.

“Pada 2007, penjualan Grandis sebanyak 70 sampai 80 unit per bulan, Dengan model 2008 yang lebih fresh ini, kita akan mengembangkan agar bisa mencapai target 100 unit per bulan, atau meningkat sekitar 20%” kata Kuwayama.

Sepanjang tahun lalu berdasarkan data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), Grandis terjual sebanyak 379 unit.

Apakah versi fresh-up ini juga bisa mendulang sukses? Kita tunggu saja.


SPESIFIKASI
Mesin: 4G69 2.4L SOHC 16-Valve 4-Cylinder in-line
Kapasitas: 2378 cc
Daya maksimum: 165 pd/6000 rpm
Torsi maksimum: 22.1 kgm/4000 rpm
Transmisi: INVECS II, 4-Speed automatic with sport mode
Panjang: 4765 mmLebar: 1795 mm
Tinggi: 1655 mmWheelbase: 2830 mm
Suspensi: McPherson Sttut with Coil Cpring (depan); Semi Trailing Arm with Coil Spring (belakang)
Rem: 16 inch Ventilated Disc (depan); 16 inch Solid Drum in Disc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar